Peluang Bisnis Sampingan Karyawan Yang Terbaik Tahun ini

Bisnis sampingan karyawan – Ada dua orang karyawan kerja di perusahaan yang sama. Karyawan pertama selalu pulang kerja tepat waktu sedangkan karyawan kedua sering pulang terlambat karena lembur. Coba tebak, siapa yang lebih produktif dan penghasilannya lebih banyak?

Pasti banyak yang mikir karyawan nomor dua. Alasannya karena jam kerja lebih panjang, kerjaan sudah pasti lebih banyak (sampai harus lembur), dan pasti dapat upah lemburan. Yakin itu jawabannya?

Bisa jadi, sih. Tapi dari pengalaman saya dan teman-teman, jawabannya : belum tentu!

Lah kalau karyawan pertama performa kerjanya lebih baik daripada karyawan kedua, semua pekerjaan beres tepat waktunya; itu berarti karyawan kedua lembur karena kerjaannya memang belum selesai. Sudah jelas nggak akan dapat upah lembur, dong.

Sementara di lain pihak, bisa jadi si karyawan pertama selalu pulang tepat waktu agar bisa menjalankan bisnis sampingannya.

Bisnis sampingan karyawan – Bagi yang ingin berbisnis, jenis bisnis yang akan Anda lakukan bisa berpengaruh pada bagaimana Anda menjalankan bisnis. Seperti apabila Anda memilih untuk mengambil peluang bisnis sampingan, setidaknya bisnis sampingan tidak akan memberatkan kerja utama Anda dan tidak mengganggu konsentrasi Anda saat bekerja sebab bisnis sampingan Anda pilih karena fungsinya sebagai bisnis lain selain apa yang Anda kerjakan sekarang. Beberapa orang membuka bisnis sampingan ini karena mereka memang sudah memiliki pekerjaan yang tetap, seperti menjadi PNS atau karyawan kantor, namun mereka berpikir gaji yang didapatkan dari bekerja belum cukup memenuhi kebutuhan hidup mereka yang semakin lama semakin tinggi saja. Selain itu apabila mereka keluar dari pekerjaan mereka yang sekarang, bukan tidak mungkin nantinya apabila mereka ingin melamar pekerjaan, mereka akan kesulitan mencari pekerjaan, sehingga mereka tetap bekerja pada kerjaan masing-masing dengan bisnis sampingan yang digeluti bertujuan menambah penghasilan.

Apabila ingin membuka suatu bisnis atau usaha, lebih baik memilih bisnis dimana Anda bisa membagi waktu antara pekerjaan dengan bisnis sampingan. Adanya peluang bisnis sampingan tidak harus menyulitkan Anda yang masih bekerja karena bisnis ini bisa Anda lakukan diluar jam kerja Anda bahkan Anda tidak perlu bekerja sampingan apabila Anda memiliki karyawan sendiri di bisnis sampingan yang Anda geluti. Untuk itu apabila sedang memilih bisnis sampingan mana yang akan Anda lakukan, pilihlah bisnis sampingan yang tepat guna.

Memilih bisnis sampingan haruskah yang tepat, artinya ialah bisnis sampingan Anda merupakan bisnis yang bisa Anda lakukan karena Anda tidak kesulitan dalam melakukan bisnis sampingan tersebut. Kebanyakan orang yang salah memilih bisnis sampingan mereka, bisnis sampingan malah bisa membebani si pelaku bisnis karena membuat Anda kelelahan atau membuat Anda kesulitan melakukan bisnis. Untuk itu, Anda perlu memilih bisnis sampingan yang bisa Anda lakukan di sela waktu santai Anda. Peluang bisnis sampingan juga haruslah yang berguna. Tujuan Anda berbisnis seperti ini supaya mendatangkan keuntungan. Jadi jangan sampai Anda mengeluarkan banyak uang tanpa mendapatkan keuntungan seperti yang diharapkan karena salah memilih bisnis sampingan.

Bisnis sampingan karyawan

Peluang Bisnis Sampingan Karyawan Yang Terbaik Tahun ini

Bisnis sampingan karyawan – Untuk menyeimbangkan bisnis dengan pekerjaan yang Anda lakukan saat ini, Anda perlu mencermati beberapa cara berikut ini.

Pilihlah Bisnis yang Hemat Waktu

Hemat waktu di sini maksudnya adalah dengan memilih bisnis yang memudahkan Anda untuk mengatur waktunya. Jadi, waktu pekerjaan dengan bisnis yang dikelola tidak akan berbenturan satu sama lain. Misalnya Anda dapat memilih bisnis online shop.

Bisnis online shop dapat dikerjakan di mana pun asalkan Anda tetap terhubung dengan internet. Bisa juga bagi Ibu Rumah Tangga untuk mempunyai warung kelontong di rumah. Dengan begitu ibu dapat menjalankan bisnis kelontongnya dan tetap bisa mengasuh anak-anak dan suaminya.

Pilihlah Ingin Produk atau Jasa

Tentukan prioritas Anda ketika ingin menjalankan bisnis kecil-kecilan Anda. Anda dapat memilih salah satu di antara produk atau jasa yang ingin dijual. Pelajari konsekuensi yang akan ditimbulkan oleh kedua jenis tersebut baik produk atau jasa.  Anda dapat bertanya pada pebisnis yang berpengalaman tentang kiat-kiat menjalankan bisnis baik produk dan jasa. Pelajari waktu dan biaya yang dibutuhkan. Jangan sampai Anda malah merugi dan membuat keuangan Anda terguncang.

Manfaatkan Hobi Anda

Biasanya kesuksesan seorang wirausahawan adalah karena mereka berwirausaha dengan tidak jauh dari bidang yang menjadi kesukaan mereka. Inilah salah satu cara yang dapat Anda lakukan dengan membuka bisnis sesuai dengan hobi Anda. Misalnya saja seperti atlet bulu tangkis Susi Susanti yang memiliki usaha tidak jauh dari bidang yang ia tekuni selama ini.

Ia mendirikan usaha peralatan bulu tangkis seperti raket dan mensponsori atlet untuk bermain ke turnamen dalam dan luar negeri. Cara lain, jika Anda hobi memancing, Anda bisa saja membudidayakan ikan seperti lele dan membuka usaha pemancingan.

Atur Waktu

Anda harus pintar-pintar dalam membagi waktu Anda, karena menjalankan dua pekerjaan sekaligus sangatlah sulit. Hal itu membutuhkan konsistensi dan disiplin yang kuat dari dalam diri Anda. Oleh karena itu, betapa pentingnya memilih usaha kecil-kecilan yang pas dan sesuai dengan pekerjaan Anda saat ini. Dengan mengatur waktu sebaik-baiknya dapat membuat pekerjaan kantor dan usaha Anda berjalan dengan teratur.

Sesuaikan dengan Kemampuan

Usahakan untuk memilih bisnis yang sesuai dengan kemampuan Anda. Karena dengan begitu Anda akan bisa mengatur dan mengelolanya dengan lancar. Jangan sampai memilih jenis usaha yang berada di luar kemampuan Anda. Untuk pertama kali mencoba, sebaiknya memilih jenis usaha yang Anda terampil di dalamnya. Dengan kemampuan yang Anda miliki, bisnis yang Anda jalankan akan berjalan secara maksimal, serta tidak akan menganggu pekerjaan Anda di kantor.

Itulah beberapa point-point yang bisa menjadi pertimbangan ketika Anda ingin menjalankan bisnis sebagai pekerjaan sampingan Anda. Pastikan Anda memerlukan waktu dan tenaga yang extra untuk menjalankan kedua jenis pekerjaan tersebut.

Jangan pernah menyerah pada keadaan mengenai bisnis yang Anda lakukan. Kesuksesan itu berwal dari usaha yang keras dan tiada henti. Jadi, jangan takut untuk melangkah untuk menjalankan bisnis kecil yang menjadi impian Anda.

Facebook Comments Box